Klub Sepak Bola Tertua Di Indonesia yang Tercatat Sejarah

Klub Sepak Bola Tertua Di Indonesia

Dalam sebuah sejarah persepak bola-an suatu negara pasti memiliki pasang surut permainan yang terjadi. Hal tersebut juga berlaku bagi permainan sepak bola di negara Indonesia yang memiliki legenda berisikan beberapa klub sepak bola tertua di Indonesia yang tergabung dalam PSSI. Bahkan sebagian klub yang sudah berusia tua tersebut usianya melebihi dari usia yang dimiliki oleh PSSI itu sendiri.

Sebagian sumber menyebutkan jika sejarah permainan sepak bola indonesia sudah dimulai semenjak tahun 1910. Hal itu karena permainan sepak bola muncul akibat dari datangnya penjajah ke negeri ini. Bagi yang ingin mengetahui apa saja klub sepak bola yang masuk jajaran klub tertua dalam sejarah persepak bola-an Indonesia? Silahkan simak pembahasannya dibawah ini :

1. Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya merupakan salah satu klub sepak bola tertua di Indonesia yang dibentuk pada tahun 1927 silam. Klub ini berhasil dibentuk oleh tokoh bernama M. Pamoedji dan Paijo.

Pada mulanya klub Persebaya Surabaya diberi nama dengan Soerabhaiasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB) dan menjadi pesaing berat klub bentukan orang Belanja dengan nama bond Soerabhaiasche Voetbal Bond (SVB). SIVB memiliki niatan untuk lepas dari ketergantungan terhadap pihak Belanda sehingga menyetujui untuk gabung dengan PSSI.

Pasalnya PSSI ini merupakan sebuah kelompok yang berisikan orang-orang yang ingin memperjuangkan kemerdekaan lewat sepak bola. Hingga akhirnya klub ini sempat berubah nama menjadi Persatuan Sepakbola Indonesia Soerabaja (Persebaja) setelah bergabung dengan PSSI.

2. PPSM Sakti Magelang

Pada awal kemunculannya, klub sepak bola ini diberikan nama Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) yang merupakan sebuah nama asal Belanda. Klub ini merupakan hasil bentukan dari orang asli Indonesia bernama Wihardjo yang dibantu oleh beberapa klub sepak bola lainnya seperti Mosvia, Stramvogels, HKS, dan Among Rogo.

PPSM Sakti Magelang dihuni oleh sekelompok orang terpelajar yang pernah menempuh pendidikan di Sekolah Pegawai Pangreh Praja. Dimana sekolah tersebut merupakan sekolah bagi orang yang akan menjadi abdi kota. Untuk itulah para orang tersebut memiliki semangat tinggi demi memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia lewat sebuah olahraga sepak bola.

3. Persija Jakarta

Voetbalbond Indonesia Jacatra (VIJ) merupakan nama awal dari klub sepak bola tertua di Indonesia, Persija Jakarta. Bahkan hingga saat ini nama klub Persija Jakarta tetap memiliki popularitas karena kualitas yang dimiliki. Klub yang berhasil dibentuk oleh Soeri dan A. Alie pada tahun 1928 ini masuk dalam jajaran klub tersukses di Indonesia.

4. PSM Makassar

PSM Makassar merupakan klub sepak bola yang berisi warga asli Indonesia. Namun dalam jajaran kepengurusan memang ada sebagian yang merupakan warga berdarah campuran Belanda. 

Karena sebab pertempuran dan perebutan wilayah oleh pihak Belanda dan Jepang. Alhasil membuat nama klub ini diubah menjadi Persatoean Sepakbola Makassar oleh pihak Jepang dari yang tadinya bernama Makassar Voetbal Bond.

5. Persis Solo

Persis Solo adalah klub sepak bola tertua di Indonesia dengan nama awal Vorstenlandsche Voetbal Bond. Hingga pada 1928 Soemokartiko resmi merubah nama tersebut menjadi Persatuan Sepakbola Indonesia Solo (Persis) guna mewujudkan misinya. Dimana misi tersebut adalah menjadikan sepak bola sebagai alat untuk memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia.

Demikian ulasan tentang beberapa klub sepak bola tertua di Indonesia yang menjadi catatan sejarah. Pada masa awal lahirnya klub sepak bola di atas beriringan dengan masa penjajahan. Alhasil menuntut warga pribumi memperjuangkan kemerdekaan dengan kemampuan masing-masing salah satunya dengan bermain sepak bola.

 

About the Author: admin

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *